KARTU PINTAR SIP SISWA SMP JUARA BANDUNG

BANDUNG. Untuk mengubah manajemen sekolah yang masih dikelola dalam pola-pola lama, SMP Juara Bandung bekerja sama dengan PT Proyek Enam Media menerapkan Sistem Informasi Pendidikan (SIP) yang hadir sebagai platform terintegrasi yang mengelola database siswa seperti daftar hadir, nilai pelajaran, perpustakaan, jadwal pelajaran, pengumuman ke orang tua dan lainnya. Menggunakan   jaringan internet berbasis aplikasi Android.

Setiap murid diberikan “Kartu Pintar SIP” yang berfungsi sebagai kartu kehadiran di sekolah. Murid yang datang , tinggal menempelkan kartu ke alat yang sudah tersedia begitu pula saat pulang. Data akan terekam di server. Orang tua dapat memantau kehadiran anaknya di sekolah melalui aplikasi SIP Online yang dapat diunduh melalui Play Store menggunakan telepon genggam berbasis Android. Orang tua juga nantinya bisa mendapatkan informasi mengenai kegiatan sekolah, jadwal pelajaran hingga nilai anaknya melalui apalikasi ini.

Senin, (15/10) adalah kali pertama, murid Smp Juara Bandung menggunakan Kartu Pintar SIP. Sebelumnya saat upacara diumumkan mengenai penggunaan Kartu dan saat di kelas murid mendapatkan penjelasan lebih lengkap dari wali kelas. Setelah itu seluruh murid menguji coba Kartu dengan menempelkannya ke alat scan. Di uji coba ini, seluruh murid berhasil melakukannya. Kedepannya kartu ini juga bisa berfungsi untuk kartu perpustakaan dan kartu non tunai di kantin sekolah.

 

(Kontributor: Ginanjar Rahayu)