Hari Anak Nasional, Sd Juara Surabaya Kenalkan Permainan Tradisional

Surabaya, (23/7) Masa Anak-anak, masanya bermain. Jaman teknologi seperti saat ini, sebagian besar anak-anak di kota terutama sudah teralihkan dengan gawai telepon pintar.

Dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional pada tahun ini Rumah Zakat bekerjasama dengan komunitas @kampoeng_dolanan mengajak siswa-siswi SD Juara Surabaya untuk mengenal dan bermain permainan tradisional. Dibantu oleh Cak Mus, anak-anak mengenal 10 permainan diantara:
Tarik tambang, Balap Karung, Dakon, Boyboyan, Balogo (dari Kalimantan), Egrang Bambu Tali, Engkle Pesawat dan Gunung, Lompat Tali Merdeka, Kelereng dan Lari kepiting.

Setelah sholat Dhuha dan Murojaah, siswa-siswi berkumpul di halaman sekolah. Acara ini diikuti oleh seluruh siswa-siswi kelas 1 dan 2 dan didampingi oleh guru-guru kelas.

Suasana semakin meriah ketika siswa-siswi kelas 2 ditantang tarik tambang oleh kelas 1. Dengan semangatnya kelas 1 bahu membahu menarik tim kelas 2 dan akhirnya tim kelas 2 kalah karena jumlah timnya lebih banyak dari kelas 1. Setelah itu, siswa-siswi bermain boyboyan dan balap karung, karena keterbatasan waktu permainan yang lain hanya diperkenalkan dan diperagakan saja.

Karena kondisi lapangan semakin panas, akhirnya siswa-siswi diminta untuk masuk kelas dan menikmati jajanan tradisional yang telah disediakan.