Sejarah

Pendidikan adalah jalan yang paling efektif untuk membangun sebuah peradaban. Bangsa yang memberikan prioritas lebih terhadap pendidikan, bisa dipastikan bangsa tersebut akan memimpin dunia. Namun, salah satu kendala terbesar dalam dunia pendidikan adalah education cost yang tinggi. Sehingga masyarakat kelas menengah bawah, belum bisa menikmati pendidikan yang berkualitas. Karena kondisi tersebut, Indonesia Juara Foundation mengambil peran strategis dalam memberikan akses pendidikan yang berkualitas untuk semua.

Indonesia Juara sebagai lembaga berbadan hukum yayasan yang bergerak di bidang pendidikan, sosial, keagamaan dan kemanuasiaan, merupakan transformasi dan hasil metamorfosis dari Yayasan Rumah Juara Indonesia yang berdiri sejak tanggal 16 Juni 2009, yang diketuai oleh ibu Heny Widiastuti, SPd. Indonesia Juara bertekad memberikan yang terbaik untuk masyarakat dalam perbaikan kualitas pendidikan di Indonesia melalui sinerigisitas dengan berbagai pihak, serta mendukung pembelajaran ke arah kemandirian peserta didik, dengan program pemberian Beasiswa Ceria untuk SD-Mahasiswa, mendirikan Sekolah Juara Gratis dari Tingkat SD-SMK, serta adanya Pusat Pengembangan Potensi Anak (P3A).

Pada tahun 2011, Indonesia Juara mengalami pergantian kepengurusan. Awalnya Ketua  dijabat oleh Ibu Heny Widiastuti (2009-2011) kemudian dijabat oleh Bapak Muhammad Sobirin (2011-2012) diteruskan oleh Arif Taat Ujiyanto (2012-sekarang).

Indonesia Juara memiliki core business di dua bidang pendidikan yaitu sekolah dan beasiswa. Sekolah Juara yang terdiri atas 14 Sekolah Dasar (SD) Juara, 2 Sekolah Tingkat Pertama (SMP) Juara dan 1 Sekolah Lanjutan (SMK) Peteranakan Juara. Adapun Beasiswa tersebar di seluruh Indonesia yang terdiri dari 30 cabang penyaluran.

Saat ini Indonesia Juara mengelola 4 Preschool & Daycer Juara, 1 PAUD Juara, 2 Mobil Juara  yang melayani kebutuhan pembelajaran secara mobile sebagai ajang aktualisasi dan ekspresi anak.

Selain itu, Indonesia Juara bekerja sama dengan beberapa mitra dalam mengembangkan berbagai macam program pendidikan, di antaranya:  Orphan Kafalah Program, Pondok Tahfidz Juara, Kemah Juara, Gizi Sang Juara, dsb.