KREASI 3D KELAS 4 SD JUARA JAKARTA TIMUR

Siswa kelas 4 SD Juara Jakarta Timur (sekolah binaan Rumah Zakat) kembali mengikuti pembelajaran tentang karya 3D. Anak-anak sangat senang dan antusias sekali pada pelajaran tematik ini, apalagi belajarnya praktik, dan hari ini praktiknya membuat karya 3D dari lilin. Masing-masing mereka sudah menyiapkan alat dan bahannya dari rumah.

 

Mereka membuat karya 3D dengan ide yang sangat kreatif. Setelah selesai membuat karya tersebut, akhirnya siswa tahu apa itu Karya Seni Rupa 3D, ternyata karya yang sering dilihat di tempat pameran.

 

“Alhamdulillah setelah praktik membuat karya 3D ini, membuat saya semakin kratif dan saya semakin mengenal karya budaya di Nusantara,” ujar Najwa siswi kelas 4.

 

Karya Seni Rupa 3 Dimensi merupakan, karya seni rupa yang memiliki panjang, lebar, dan tinggi. Karya Seni Rupa 3 Dimensi ini disebut juga dengan istilah 3D. Karya 3D ini dapat dibuat dari berbagai bahan.

 

Praktik membuat karya 3D membutuhkan alat dan bahan yaitu : lilin, gunting, kardus persegi, dan bahan lainnya.

 

Sebelum praktik siswa diberikan arahan tehnik cara membuat karya 3D terlebih dahulu, oleh Abu Hanifah selaku wali kelas 4. Ada beberapa cara tehnik membuat karya 3D, yaitu :

  1. Tehnik Mozaik
  2. Tehnik Pahat

 

Kemudian siswa diberikan penjelasan arti dari Seni Rupa 3D, barulah siswa memulai praktik membuat karya 3D dengan tema bebas. Ada yang membuat karyanya bertema alam, dan ada juga yang bertema tentang makhluk hidup.

 

 

 

 

(Kontributor: Abu Hanifah / SD Juara Jakarta Timur)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *