EDUWISATA SD JUARA PEKANBARU KUNJUNGI BUKIT TINGGI DAN PADANG MANGATEH

Sumatera Barat (10/05) Siswa kelas 6 SD Juara Pekanbaru melakukan eduwisata sebagai salah satu rangkaian kegiatan perpisahan dengan tujuan wisata Bukit Tinggi dan Padang mangateh. Peserta yang ikut dalam eduwisata ini adalah seluruh siswa kelas 6 dan beberapa guru pendamping. Rombongan berangkat pada hari Kamis jam 02.00 wib dini hari dengan bus pariwisata. Sebelum keberangkatan, siswa bermalam di sekolah lalu berangkat bersama-sama. Meskipun larut, terlihat wajah-wajah bersemangat mereka menantikan hari eduwisata ini.

Bus berhenti untuk solat subuh, sarapan dan bersih-bersih di pangkalan lima puluh dan berangkat kembali menuju Bukit Tinggi. Ketika tiba di bukit tinggi, seluruh siswa bersorak dan bersyukur senang karena telah sampi di tempat tujuan.

Jam gadang Bukittinggi, adalah destinasi pertama dan merupakan titik kumpul rombongan sebelum pembagian kelompok untuk penjeljahan bersama-sama menuju jenjang 1000. Sambil menikmati panirama yg indah, siswa dn guru meghabiskan waktu untuk solat dan makan siang sampai pukul 3 sore.

Dari jenjang 1000 rombongan berangkat menuju Lembah Harau. Ketika menujuHarau, jalanan sangat penuh sehingga membutuhkan waktu yang lama hingga tiba di penginapan saat waktu maghrib. Peserta lalu diarahkan untuk bersih-bersih dan bersiap-siap untuk salat dan agenda pribadi lainnya.

Keesokn harinya, Jumat (11/05)  siswa dibangunkan pada jam 04.00 untuk melaksanakan sholat Tahajud dan sholat subuh sert rangkaian ibadah lainnya seperti membaca Al-matsurat dan Al-Kahfi sebagai salah satu sunnah jumat.

Agenda selanjutnya adalah hiking menuju air terjun di Lembah Harau. Sesampainya di air terjun, peserta didik melakukan agenda pribadi sperti mandi, bermain air, sarapan bersama dan atau hannya sekedar melihat-lihat. Terlihat semangat anak-anak ketika bermain air terjun. Setelah sampai di penginapan kembali, peserta diberikan waktu untuk bersiap-siap kemudian melakukan perjalanan ke Padang mangateh.

Sesampainya di Padang mangateh, rombongan disambut oleh salah satu petugas. Padang Mangateh adalah Balai pembibitan ternak unggul terbesar di Asia Tenggara. Sebelum berjalan mengelilingi balai, rombongan diberikan pembekalan oleh petugas tentang sejarah berdirinya balai, perkembangannya hingga aturan yang harus di lakukan ketika berada di Padang mangateh.

 Setelah dari Padang mangateh, rombingan pun melakukan perjalanan pulang ke Pekanbaru dan menyempatkan untuk berhent sejenak di harau kembali untuk membeli ole-ole di pasar ole-ole harau. Dari eduwisata ini seluruh siswa dan gutu banyak sekali mendapatkan pelajaran.

 

 

 

(Kontributor/SD Juara Pekanbaru)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *