Duta Lingkungan Pekanbaru 2015 Edukasi Siswa SMP Juara Pekanbaru

SMP Juara Pekanbaru kedatangan tamu yang special. Dia adalah kak michiko Duta Lingkungan Pekanbaru. Kak michiko menjadi duta lingkungan tahun 2015. Kegiatan diawali dengan perkenalan dari kak michiko. Kak michi menceritakan pengalamannya setelah menjadi pemenang duta lingkungan pekanbaru. Kak michi diajak ke Surabaya, disana kak michi menceritakan tentang betapa Surabaya merupakan kota yang bersih, masyarakat kota Surabaya bersama-sama untuk menjaga lingkungan, sehingga Surabaya selalu mendapatkan Adipura Kencana.
Selanjutnya kak michi yang ditemani oleh teman boneka nya yang diberi nama Risky, bercerita tentang lingkungan dengan tema “bg duko suko lupo”. Cerita diawali dengan seorang bang duko yang menyampaikan tentang jenis-jenis sampah, ada sampah organic, sampah anorganik, dan B3 (bahan beracun berbahaya). Disurabaya pengolahan sampah dilakukan diolah sesuai dengan jenis sampahnya, bisa di jadikan pupuk, didaur ulang.
Di dalam ceritanya kak michi juga menceritakan tentang bank sampah. Bank sampah merupakan sarana untuk menampung sampah dan dimanfaatkan lagi untuk hal-hal yang bermanfaat. Selanjutnya kak michi menyampaikan lubang serapan biopori, dimana sangat bermanfaat untuk kehidupan manusia, dan sifatnya sangat tidak mengganggu system kehidupan manusia.
Cerita dilanjutkan bg duko tentang pentingnya menanam pohon. Menanam pohon penting untuk membantu penyerapan karbondioksida (CO2). Semakin besar kota maka semakin besar jumlah volume pohon yang dibutuhkan. Selain kita menanam pohon, juga meminimalisir penggunaan kertas. Karena dengan meminimalisir kertas akan membantu proses penghijauan kota kita.
Diakhir sesinya kak michi menyimpulkan tentang cerita Bank duko suko lupo. Dimana dari cerita bank duko suko lupo, dimana didapat singkatan, Bank : bank sampah, Da : daur ulang, Ko : kompos, Lupo : lubang resapan biopori.

 

 

(Adi/Pekanbaru)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *