Difa Sang Juara Matematika

Difa Fathan Azhima adalah anak kedua dari tiga bersaudara. Difa berasal dari keluarga sederhana, bapaknya bekerja sebagai pedagang dan ibunya seorang ibu rumah tangga. Dengan bekal semangat yang tinggi, Difa berangkat ke SD Juara untuk menimba ilmu.
Semangatnya dalam belajar sungguh sangat luar biasa. Hingga hampir tidak pernah ia absen dari kehadirannya ke sekolah. Difa memiliki rasa keingintahuan yang sangat tinggi. Hampir dalam setiap pelajaran ia selalu bertanya dan juga mengungkapkan pendapatnya dari materi yang disampaikan oleh guru.
Akademik yang paling menonjol dari Mas Difa adalah kemampuannya dalam petualangan matematika. Mas Difa sering saya pilih sebagai ketua kelompok yang memfasilitasi anggota kelompoknya dalam memecahkan soal-soal dari tugas matematika yang diberikan. Namun, Difa juga memiliki kelemahan, yaitu kurang teliti dan mudah berbesar hati. Nasehat dan motivasi tak bosan-bosannya saya sampaikan kepadanya.

Mas Difa seringkali mengikuti lomba-lomba mewakili kelas 6 SD Juara. Alhamdulillah Mas Difa pernah menjadi Juara III Lomba Kaligrafi dan Juara harapan III lomba matematika tingkat Jawa Tengah dan DIY. Lagi-lagi evaluasinya adalah ketelitian.
Awal mengikuti kegiatan try out, hasilnya kurang memuaskan. Lagi-lagi ketelitian yang harus di evaluasi. Hingga try out terakhir ia dapat mendapatkan nilai di atas 9. Puncaknya menjelang UN saya tekankan, “Mas Difa . . jangan lupa baca bismillah dan teliti!”. Dengan nada lirih dan senyum simpulnya ia menjawab “ iya bu, insya Allah. Minta doanya ya bu.”. Saya jawab “ pasti!”.

Alhamdulillah tiba hari pengumuman, Mas Difa Lulus dengan nilai maksimal. Nilai matematika-nya mencapai 100. Subhanallah, sungguh sangat membaggakan. Saya berikan reward kepada mas Difa karena telah mengahrumkan nama SD Juara Semarang.

 

(M. Zainal/Semarang)

Leave a Comment!

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  • Album

  • Gallery

    sj-pekanbaru1 BLkLLMdCEAI_lfL 20120611_kafa IMG_5350 - Copy _DSC0132 - Copy 6-SISWA-SMP-JUARA-PEKANBARU-IKUTI-WISUDA-ALQURAN

    Follow Us

    Statistik Web

    • 28
    • 494,553
    • 39,182